العدد والمعدود
Ditinjau dari segi kata, lafadz العدد secara etimologi berarti hitungan bilangan.
Sedang المعدود memiliki arti sesuatu yang
dihitung.
Secara garis besar, العدد terbagi menjadi dua, yaitu :
1.
‘Adad Asli (العدد الاصلي) ialah bilangan yang menunjukkan banyaknya sesuatu
2.
‘Adad Tartib (العدد الترتيبى) Ialah bilangan yang menunjukkan
urutan.
‘Adad asli di bagi menjadi empat :
1.
‘Adad Mufrod => 1-10
2.
‘Adad murokab => 11-19
3.
‘Adad Uqud => 20-90
4.
‘Adad Ma’tuf => 21-29 sampai dengan 91-99
Ada 2 rumus yang berlaku dalam penyusunan ‘adad ma’dud:
- Jenis ‘adad
sama dari jenis ma’dud
)jika ma’dud mudzakkar maka ‘adad mudzakkar, jika ma’dud mu’annats maka
‘adad mu’annats(
Rumus ini berlaku pada bilangan 1 & 2
معدود
|
عدد
|
|
+
|
+
|
المذكر مع
المذكر
|
-
|
-
|
المؤنث مع
المؤنث
|
- Jenis ‘adad
merupakan kebalikan dari jenis ma’dud
)Ma’dud mudzakkar maka ‘adad mu’annats, ma’dud mu’annats maka ‘adad
mudzakkar(
Rumus ini berlaku pada bilangan selain 1 & 2
معدود
|
عدد
|
|
+
|
-
|
المذكر مع
المؤنث
|
-
|
+
|
المؤنث مع المذكر
|
Catatan:
Untuk menentukan jenis ma’dud, maka dilihat dari bentuk mufrodnya.
Apakah ia mudzakkar atau mu’annats.
BILANGAN 1 & 2
Pada bilangan ini berlaku rumus yang pertama, yakni
jenis ‘adad sama dengan jenis ma’dudnya.
Bilangan 1 dan 2 terdapat pada beberapa ‘adad :
A. ‘Adad Mufrod (العدد المفرد)
1. Bilangan 1 pada adad mufrod berkedudukan sebagai na’at dan ma’dud sebagai man’ut,
maka ‘adad selalu mengikuti ma’dudnya seperti ketentuan na’at man’ut.
Contoh :
المعدود المذكر
|
المعدود
المؤنث
|
جَاءَ رَجُلٌ
وَاحِدٌ
|
جَاءَتْ امْرَأَةٌ
وَاحِدَةٌ
|
رَأَيْتُ
رَجُلاً وَاحِدًا
|
رَأَيْتُ امْرَأَةً وَاحِدَةً
|
مَرَرْتُ
بِرَجُلٍ وَاحِدٍ
|
مَرَرْتُ بِامْرَأَةٍ وَاحِدَةٍ
|
2. Bilangan 2 pada adad mufrod seperti na’at man’ut (isim
yang ikut pada isim lain dengan menjelaskan salah satu sifat pada isim yang
diikuti).
Contoh :
المعدود المذكر
|
المعدود المؤنث
|
جَاءَ رَجُلاَنِ
اثْنَانِ
|
جَاءَتْ امْرَأَتاَنِ
اثْنَتَانِ
|
رَأَيْتُ
رَجُلَيْنِ اثْنَيْنِ
|
رَأَيْتُ
امْرَأَتَيْنِ اثْـنَـتَيْنِ
|
مَرَرْتُ
بِرَجُلَيْنِ اثْنَيْنِ
|
مَرَرْتُ
بِامْرَأَتَيْنِ اثْـنَـتَيْنِ
|
B. ‘Adad Murokkab(العدد
المركب)
Bilangan 1 dan 2 di ‘adad murokkab berubah menjadi 11 dan 12
Ketentuan:
1. Untuk bilangan 11, bagian yang pertama menggunakan
lafadz احـد untuk ma’dud mudzakar dan menggunakan lafadz احـدي untuk ma’dud muannats,
2. Untuk bilangan 12 disamakan dengan isim tasniyah (berhukum
mu’rob)
3. Aturan yang berlaku pada ma’dud bilangan ini adalah:
a.
Berbentuk mufrod
b.
Dibaca nashob
c.
Sebagai Tamyiz
Contoh:
Bilangan
|
المعدود المذكر
|
المعدود المؤنث
|
11
|
حَاءَ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا
رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا
مَرَرْتُ بِأَحَدَ عَشَرَ كَوْكَباً
|
جَاءَتْ اِحْدَي عَشْرَةَ مُسْلِمَةً
رَأَيْتُ اِحْدَي عَشْرَةَ مُسْلِمَةً
مَرَرْتُ بِإِحْدَى عَشْرَةَ مُسْلِمَةً
|
12
|
جَاءَ اثْنَا عَشَرَ كَوْكَبًا
رَأَيْتُ اثْنَىْ عَشَرَ كَوْكَبًا
مَرَرْتُ بِاثْـنَى عَشَرَ كَوْكَبًا
|
جَاءَتْ اثْنَتَا عَشْرَةَ مُسْلِمَةً
رَأَيْتُ اثْنَتَىْ عَشْرَةَ مُسْلِمَةً
مَرَرْتُ بِاثْـنَتَىْ عَشْرَةَ مُسْلِمَةً
|
C.
‘Adad Ma’thuf (العدد
المعطوف)
Bilangan 1 dan 2 di ‘adad ma’thuf
berubah menjadi 21, 22, 31, 32 dan seterusnya hingga 91, 92.
Adapun aturan yang berlaku pada ma’dud bilangan ini adalah:
a.
Berupa mufrod
b.
Dibaca nashob
c.
Sebagai tamyiz
Contoh:
Bilangan
|
المعدود المذكر
|
المعدود المؤنث
|
21
|
جَاءَ أَحَدَ
وَعِشْرُوْنَ طَالِبًا
رَأَيْتُ أَحَدَ
وَعِشْرِيْنَ طَالِبًا
مَرَرْتُ بِأََحَدَ
وَعِشْرِيْنَ طَالِبًا
|
جاَءَتْ اِحْدَي
وَعِشْروْنَ طَالِبَةً
رَأَيْتُ اِحْدَي
وَعِشْرِيْنَ طَالِبَةً
مَرَرْتُ بِإِحْدَي
وَعِشْرِيْنَ طَالِبَةً
|
22
|
جَاءَ اثْـنَانِ
وَعِشْرُوْنَ طَالِبًا
رَأَيْتُ اثْنَيْنِ
وَعِشْرِيْنَ طَالِبًا
مَرَرْتُ بِاثْـنَيْنِ
وَعِشْرِيْنَ طَالِبًا
|
جَاءَتْ اثْـنَتَانِ
وَعِشْرُوْنَ طَالِبَةً
رَأَيْتُ اثْنَتَيْنِ
وَعِشْرِيْنَ طَالِبَةً
مَرَرْتُ بِاثْنَتَيْنِ
وَعِشْرِيْنَ طَالِبَةً
|
BILANGAN 3-9
Pada bilangan ini berlaku rumus yang kedua, yakni jenis
‘adad merupakan kebalikan dari jenis ma’dud.
Bilangan 3-9 itu bertempat dalam berbagai عدد :
1.
عدد مفرد
Bilangan 3-9 bertempat
dalam عدد مفرد
bilangannya tetap 3-9. Bilangan 10 juga masuk dalam aturan ‘adad ini.
Untuk bilangan ini, I’robnya
adad adalah sesuai dengan tarkibnya.
Aturan untuk ‘adad ini adalah:
1.
Jenis ‘adad merupakan kebalikan
dari jenis ma’dudnya.
2.
Berhukum mu’rob sesuai dengan
tarkibnya
3.
Tanda I’robnya adalah sebagaimana
tanda I’rob isim mufrod (rofa’ dengan dlommah, nashob dengan fathah dan jer
dengan kasroh)
Sedangkan aturan untuk
ma’dudnya adalah sebagai berikut:
a.
Berupa jama’
b.
Dibaca Jer
c.
Ma’dud ditarkib sebagai mudlof
ilaih dan ‘adad menjadi mudlofnya
Rumus:
معدود
|
عدد
|
+
|
-
|
-
|
+
|
Contoh:
معدود
|
عدد
|
أيام (+)
|
ستة (-)
|
سنوات (-)
|
ثلاث (+)
|
المعدود المذكر
|
المعدود المؤنث
|
جَاءَ تِسْعَةُ طُلاَّبٍ
رَأَيْتُ تِسْعَةَ طُلاَّبٍ
مَرَرْتُ بِتِسْعَةِ طُلاَّبٍ
|
جَاءَتْ تِسْعُ طَالِبَاتٍ
رَأَيْتُ تِسْعَ طَالِبَاتٍ
مَرَرْتُ بِتِسْعِ طَالِبَاتٍ
|
Keterangan tambahan
Dalam al-Qur an terdapat ayat:
قال تعالى : فصيام ثلاثة أيام فى الحج وسبعة
إذا رجعتم
أى
وسبعة أيام
المعدود
محذوف
تلك عشرة كاملة
أى عشرة
ايام
يتربصن بأنفسهن أربعة أشهر وعشرا
أى عشر ليال
Pembuangan ma’dud itu bisa diantisipasi dengan melihat ‘adad
Bahasa Arab itu kalau menyebutkan semalam itu artinya sehari semalam
2.
عدد مركب
Bilangan 3-9 itu bila bertempat
dalam عدد مركب maka
bilangannya berubah menjadi 13-19.
Aturan untuk ‘adad ini adalah:
1.
Jenis juz (bagian) yang pertama
merupakan kebalikan dari jenis juz yang kedua dan ma’dudnya.
2.
Berhukum mabni fathah
مذكر
|
مؤنث
|
ثَلاَثَةَ عَشَرَ
|
ثَلاَثَ عَشْرَةَ
|
أَرْبَعَةَ عَشَرَ
|
أَرْبَعَ عَشْرَةَ
|
خَمْسَةَ عَشَرَ
|
خَمْسَ عَشْرَةَ
|
سِتَّةَ عَشَرَ
|
سِتَّ عَشْرَةَ
|
سَبْعَةَ عَشَرَ
|
سَبْعَ عَشْرَةَ
|
ثَمَانِيَةَ عَشَرَ
|
ثَمَانَ عَشْرَةَ
|
تِسْعَةَ عَشَرَ
|
تِسْعَ عَشْرَةَ
|
Sedangkan aturan untuk
ma’dudnya adalah:
a.
Berupa mufrod
b.
Dibaca nashob
c.
Sebagai tamyiz
Rumus:
معدود
|
عدد
|
|
+
|
+
|
-
|
-
|
-
|
+
|
Contoh:
معدود
|
عدد
|
|
طَالِبًا
|
عَشَرَ
|
خَمْسَةَ
|
طَالِبَةً
|
عَشْرَةَ
|
خَمْسَ
|
المعدود المذكر
|
المعدود المؤنث
|
جَاءَ خَمْسَةَ عَشَرَ طَالِبًا
رَأَيْتُ خَمْسَةَ عَشَرَ طَالِبًا
مَرَرْتُ بِخَمْسَةَ عَشَرَ طَالِبًا
|
جَاءَتْ خَمْسَ عَشْرَةَ طَالِبَةً
رَأَيْتُ خَمْسَ عَشْرَةَ طَالِبَةً
مَرَرْتُ بِخَمْسَ عَشْرَةَ طَالِبَةً
|
Keterangan:
عشرة ketika mu’annats, ش nya disukun. Adapun ketika mudzakkar, ش nya difathah
3.
العدد المعقود
Bilangan 3-9 itu bila bertempat
dalam عدد معقود maka bilangannya berubah menjadi 30-90. (ثَلاَثُوْنَ – أَرْبَعُوْنَ – خَمْسُوْنَ
– سِتُّوْنَ – سَبْعُوْنَ – ثَمَانُوْنَ – تِسْعُوْنَ). Termasuk
dalam ‘adad ini adalah angka 20 (عِشْرُوْنَ)
Aturan untuk ‘adad ini adalah:
1.
Berhukum mu’rob sesuai dengan
tarkibnya
2.
Tanda I’robnya adalah sebagaimana tanda isim jama’ mudzakkar salim
(rofa’ dengan wawu, nashob dengan ya’, jer dengan ya’)
Adapun aturan untuk ma’dudnya adalah:
a.
Berupa mufrod
b.
Dibaca nashob
c.
Sebagai Tamyiz
Contoh:
المعدود المؤنث
|
المعدود المذكر
|
جَاءَتْ سَبْعُوْنَ طَالِبَةً
رَأَيْتُ سَبْعِيْنَ طَالِبَةً
مَرَرْتُ بِسَبْعِيْنَ طَالِبَةً
|
جَاءَ سَبْعُوْنَ طَالِبًا
رَأَيْتُ سَبْعِيْنَ طَالِبًا
مَرَرْتُ بِسَبْعِيْنَ طَالِبًا
|
4.
العدد المعطوف
Bilangan 3-9 itu bila bertempat
dalam عدد معطوف maka bilangannya berubah menjadi 23-29 sampai
93-99.
Aturan untuk ‘adad ini adalah:
1.
Jenis juz (bagian) yang pertama
merupakan kebalikan dari jenis ma’dudnya.
2.
Berhukum mu’rob sesuai dengan
tarkibnya
3.
Tanda I’robnya adalah :
-
Untuk juz yang pertama sebagaimana
tanda I’rob isim mufrod (rofa’ dengan dlommah, nashob dengan fathah dan jer
dengan kasroh)
-
Untuk juz yang kedua
sebagaimana tanda I’rob isim jama’ mudzakkar salim (rofa’ dengan wawu, nashob
dengan ya’ dan jer dengan ya’)
مذكر
|
مؤنث
|
ثَلاَثَةٌ وَعِشْرُوْنَ
أَرْبَعَةٌ وَعِشْرُوْنَ
خَمْسَةٌ وَعِشْرُوْنَ
سِتَّةٌ وَعِشْرُوْنَ
سَبْعَةٌ وَعِشْرُوْنَ
ثَمَانِيَةٌ وَعِشْرُوْنَ
تِسْعَةٌ وَعِشْرُوْنَ
|
ثَلاَثٌ وَعِشْرُوْنَ
أَرْبَعٌ وَعِشْرُوْنَ
خَمْسٌ وَعِشْرُوْنَ
سِتٌّ وَعِشْرُوْنَ
سَبْعٌ وَعِشْرُوْنَ
ثَمَانٌ وَعِشْرُوْنَ
تِسْعٌ وَعِشْرُوْنَ
|
ثَلاَثَةٌ وَثَلاَثُوْنَ
أَرْبَعَةٌ وَثَلاَثُوْنَ
خَمْسَةٌ وَثَلاَثُوْنَ
سِتَّةٌ وَثَلاَثُوْنَ
سَبْعَةٌ وَثَلاَثُوْنَ
ثَمَانِيَةٌ وَثَلاَثُوْنَ
تِسْعَةٌ وَثَلاَثُوْنَ
|
ثَلاَثٌ وَثَلاَثُوْنَ
أَرْبَعٌ وَثَلاَثُوْنَ
خَمْسٌ وَثَلاَثُوْنَ
سِتٌّ وَثَلاَثُوْنَ
سَبْعٌ وَثَلاَثُوْنَ
ثَمَانٌ وَثَلاَثُوْنَ
تِسْعٌ وَثَلاَثُوْنَ
|
ثَلاَثَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
أَرْبَعَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
خَمْسَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
سِتَّةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
سَبْعَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
ثَمَانِيَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
تِسْعَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
|
ثَلاَثٌ وَأَرْبَعُوْنَ
أَرْبَعٌ وَأَرْبَعُوْنَ
خَمْسٌ وَأَرْبَعُوْنَ
سِتٌّ وَأَرْبَعُوْنَ
سَبْعٌ وَأَرْبَعُوْنَ
ثَمَانٌ وَأَرْبَعُوْنَ
تِسْعٌ وَأَرْبَعُوْنَ
|
ثَلاَثَةٌ وَخَمْسُوْنَ
أَرْبَعَةٌ وَخَمْسُوْنَ
خَمْسَةٌ وَخَمْسُوْنَ
سِتَّةٌ وَخَمْسُوْنَ
سَبْعَةٌ وَخَمْسُوْنَ
ثَمَانِيَةٌ وَخَمْسُوْنَ
تِسْعَةٌ وَخَمْسُوْنَ
|
ثَلاَثٌ وَخَمْسُوْنَ
أَرْبَعٌ وَخَمْسُوْنَ
خَمْسٌ وَخَمْسُوْنَ
سِتٌّ وَخَمْسُوْنَ
سَبْعٌ وَخَمْسُوْنَ
ثَمَانٌ وَخَمْسُوْنَ
تِسْعٌ وَخَمْسُوْنَ
|
ثَلاَثَةٌ وَسِتُّوْنَ
أَرْبَعَةٌ وَسِتُّوْنَ
خَمْسَةٌ وَسِتُّوْنَ
سِتَّةٌ وَسِتُّوْنَ
سَبْعَةٌ وَسِتُّوْنَ
ثَمَانِيَةٌ وَسِتُّوْنَ
تِسْعَةٌ وَسِتُّوْنَ
|
ثَلاَثٌ وَسِتُّوْنَ
أَرْبَعٌ وَسِتُّوْنَ
خَمْسٌ وَسِتُّوْنَ
سِتٌّ وَسِتُّوْنَ
سَبْعٌ وَسِتُّوْنَ
ثَمَانٌ وَسِتُّوْنَ
تِسْعٌ وَسِتُّوْنَ
|
ثَلاَثَةٌ وَسَبْعُوْنَ
أَرْبَعَةٌ وَسَبْعُوْنَ
خَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ
سِتَّةٌ وَسَبْعُوْنَ
سَبْعَةٌ وَسَبْعُوْنَ
ثَمَانِيَةٌ وَسَبْعُوْنَ
تِسْعَةٌ وَسَبْعُوْنَ
|
ثَلاَثٌ وَسَبْعُوْنَ
أَرْبَعٌ وَسَبْعُوْنَ
خَمْسٌ وَسَبْعُوْنَ
سِتٌّ وَسَبْعُوْنَ
سَبْعٌ وَسَبْعُوْنَ
ثَمَانٌ وَسَبْعُوْنَ
تِسْعٌ وَسَبْعُوْنَ
|
ثَلاَثَةٌ وَثَمَانُوْنَ
أَرْبَعَةٌ وَثَمَانُوْنَ
خَمْسَةٌ وَثَمَانُوْنَ
سِتَّةٌ وَثَمَانُوْنَ
سَبْعَةٌ وَثَمَانُوْنَ
ثَمَانِيَةٌ وَثَمَانُوْنَ
تِسْعَةٌ وَثَمَانُوْنَ
|
ثَلاَثٌ وَثَمَانُوْنَ
أَرْبَعٌ وَثَمَانُوْنَ
خَمْسٌ وَثَمَانُوْنَ
سِتٌّ وَثَمَانُوْنَ
سَبْعٌ وَثَمَانُوْنَ
ثَمَانٌ وَثَمَانُوْنَ
تِسْعٌ وَثَمَانُوْنَ
|
ثَلاَثَةٌ وَتِسْعُوْنَ
أَرْبَعَةٌ وَتِسْعُوْنَ
خَمْسَةٌ وَتِسْعُوْنَ
سِتَّةٌ وَتِسْعُوْنَ
سَبْعَةٌ وَتِسْعُوْنَ
ثَمَانِيَةٌ وَتِسْعُوْنَ
تِسْعَةٌ وَتِسْعُوْنَ
|
ثَلاَثٌ وَتِسْعُوْنَ
أَرْبَعٌ وَتِسْعُوْنَ
خَمْسٌ وَتِسْعُوْنَ
سِتٌّ وَتِسْعُوْنَ
سَبْعٌ وَتِسْعُوْنَ
ثَمَانٌ وَتِسْعُوْنَ
تِسْعٌ وَتِسْعُوْنَ
|
Adapun aturan untuk ma’dudnya
adalah:
a.
Berupa mufrod
b.
Dibaca nashob
c.
Sebagai tamyiz
Contoh:
المعدود المذكر
|
المعدود المؤنث
|
جَاءَ خَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ تِلْمِيْذًا
رَأَيْتُ خَمْسَةً وَسَبْعِيْنَ تِلْمِيْذًا
مَرَرْتُ بِخَمْسٍ وَسَبْعِيْنَ تِلْمِيْذَةً
|
جَاءَتْ خَمْسٌ وَسَبْعُوْنَ تِلْمِيْذَةً
رَأَيْتُ خَمْسًا وَسَبْعِيْنَ تِلْمِيْذَةً
مَرَرْتُ بِخَمْسٍ وَسَبْعِيْنَ تِلْمِيْذَةً
|
BILANGAN RATUSAN
(100) => مائة
Bilangan 100 (مائة) itu masuk
dalam kategori ‘adad mufrod.
Aturan untuk ‘adad ini adalah:
1.
Berhukum mu’rob sesuai dengan
tarkibnya
2.
Tanda I’robnya adalah
sebagaimana tanda I’rob isim mufrod (rofa’ dengan dlommah, nashob dengan fathah
dan jer dengan kasroh)
Adapun aturan untuk ma’dudnya
adalah:
a.
Berupa mufrod
(Menurut ulama’ bashroh, ‘adadnya bilangan ratusan itu harus mufrod,
sedangkan menurut ulama’ kufah, ‘adadnya bilangan ratusan itu boleh mufrod atau
jama’)
b.
Dibaca jer
c.
Sebagai Mudlof ilaih
Rumus:
معدود
|
عدد
|
+
|
(مائة) -
|
-
|
Contoh:
مثل اللذين ينفقون أموالهم فى سبيل الله كمثل حبة أنبتت سبع سنابل فى كل
سنبلة مِائَةُ حَبَّةٍ
رَأَيْتُ مِائَةَ نَمْلٍ
مَرَرْتُ بِمِائَةِ اُسْتَاذٍ
200 => مائتان / مائتين
Bilangan ini merupakan bentuk
tatsniyah dari 100,
Aturan untuk ‘adad ini adalah:
1.
Berhukum mu’rob sesuai dengan
tarkibnya
2.
Tanda I’robnya adalah sebagaimana
tanda I’rob isim tatsniyah (rofa’ dengan alif, nashob dengan ya’ dan jer dengan
ya’)
Adapun aturan ma’dudnya adalah:
a.
Berupa mufrod
b.
Dibaca jer
c.
Sebagai mudlof ilaih
Contoh:
جَاءَتْ مِائَتاَ رَجُلٍ / جَاءَ مِائَتاَ رَجُلٍ
رَأَيْتُ مِائَتَيْ رَجُلٍ
سَلَّمْتُ عَلَى مِائَتَيْ رَجُلٍ
300-400-500-600-700-800-900 => ثَلاَثُمِائَةٍ – أَرْبَعُمِائَةٍ
– خَمْسُمِائَةٍ – سِتُّمِائَةٍ – سَبْعُمِائَةٍ – ثَمَانُمِائَةٍ – تِسْعُمِائَةٍ
Jika dirasio, bilangan 300-900 merupakan
rangkaian ‘adad yang berasal dari ‘adad mufrod (3-9) yang dimudlofkan
(disandarkan) dengan bilangan ratusan. Dengan demikian posisi bilangan ratusan
di sini adalah menjadi ma’dudnya.
Maka dari itu kita kembali pada
aturan ‘adad mufrod di atas, yakni :
1.
Juz yang pertama (bilangan 3-9)
harus mudzakkar, sebab bilangan ratusan(مائة) yang berkedudukan sebagai ma’dudnya berupa isim mu’annats.
2.
Bilangan 3-9 berhukum mu’rob
sebagaimana tarkibnya, dengan menggunakan tanda I’rob sebagaimana tanda I’rob
isim mufrod
3.
Bilangan ratusannya beri’rob
jer karena menjadi mudlof ilaih.
4.
Bilangan ratusannya tetap
berupa mufrod
معدود (-)
|
عدد (+)
|
مائة
|
ثلاث
|
Adapun aturan untuk ma’dud dari
bilangan 300-900 adalah:
a.
Berupa mufrod
b.
Dibaca jer
c.
Sebagai mudlof ilaih
Rumus:
معدود
|
عدد
|
|
+
|
-
|
+
|
-
|
Contoh:
معدود
|
عدد
|
|
رجل
|
مائة
|
ثلاث
|
امرأة
|
المعدود المذكر
|
المعدود المؤنث
|
جَاءَ ثَلاَثُمِائَةِ رَجُلٍ
رَأَيْتُ ثَلاَثَمِائَةِ رَجُلٍ
مَرَرْتُ بِثَلاَثِمِائَةِ رَجُلٍ
|
جَاءَتْ ثَلاَثُمِائَةِ امْرَأَةٍ
رَأَيْتُ ثَلاَثَمِائَةِ امْرَأَةٍ
مَرَرْتُ بِثَلاَثِمِائَةِ امْرَأَةٍ
|
Keterangan tambahan:
Dalam al-Qur an terdapat suatu
ayat:
ولبثوا فى كهفهم ثلاثمائة
سنين... الأية
Qiro’ah kita adalah aliran
bahsroh, menurut mereka ma’dud dari lafadh مائة harus mufrod, tidak boleh jama’. Dengan
demikian, bacaan ayat di atas menurut mereka adalah ثلاثمائةٍ سِنِيْنَ sehingga
penta’wilan ayat tersebut adalah ثَلاَثُمِائَةِ سَنَةٍ سِنِيْنَ
Sedangkan menurut ulama’ kufah
yang berpendapat bahwa ma’dud dari lafadh مائة itu boleh
berupa mufrod dan boleh berupa jama’, maka mereka membaca ayat di atas dengan ثَلاَثُمِائَةِ سِنِيْنَ
Bilangan di atas ratusan, itu
dapat disandingkan dengan 4 macam ‘adad, deskripsinya:
1.
‘Adad mufrod
101-110 itu berarti bilangan 100 disandingkan dengan ‘adad mufrod
2.
‘Adad murokkab
111-119 itu berarti bilangan 100 disandingkan dengan ‘adad murokkab
3.
‘Adad ‘uqud
120-190 itu berarti bilangan 100 disandingkan dengan ‘adad ma’qud
4.
‘Adad bayan
121-129 s/d 191-199 itu berarti bilangan 100 disandingkan dengan ‘adad
ma’thuf
Kalau seperti itu, maka boleh
menggunakan 2 macam urutan:
1.
الرتبة الكبرى => bilangan yang besar didahulukan
2.
الرتبة الصغرى => bilangan yang kecil didahulukan
Dan dalam hal ini, aturan untuk ma’dudnya adalah, ma’dud menyesuaikan
dengan ‘adad yang paling dekat.
Contoh:
“Di masjid terdapat 305 laki-laki”
الرتبة الكبرى ← فِى الْمَسْجِدِ ثَلاَثُمِائَةٍ وَخَمْسَةُ
رِجَالٍ
الرتبة الصغرى ← فِى الْمَسْجِدِ خَمْسَةٌ وَثَلاَثُمِائَةِ رَجُلٍ
“Di masjid terdapat 375
laki-laki”
الرتبة الكبرى ← فِى الْمَسْجِدِ ثَلاَثُمِائَةٍ وَخَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ
رَجُلاً
الرتبة الصغرى ← فِى الْمَسْجِدِ خَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ
وَثَلاَثُمِائَةِ رَجُلٍ
BILANGAN RIBUAN
1000 => ألف
Lafadh 1000 (ألف) adalah mudzakkar sebab tidak dijumpai tanda
mu’annats baik secara ma’nawi maupun
lafdhi.
Aturan untuk ‘adadnya adalah:
1.
Berhukum mu’rob sesuai dengan
tarkibnya
2.
Tanda I’robnya adalah
sebagaimana tanda I’rob isim mufrod (rofa’ dengan dlommah, nashob dengan fathah
dan jer dengan kasroh)
Sedangkan aturan untuk ma’dudnya
ألف yaitu:
- Berupa mufrod
- Dibaca jer
- Sebagai mudlof ilaih
Rumus:
معدود
|
عدد
|
+
|
+
|
-
|
Contoh:
أَلْفُ نَجْمٍ عَلَى السَّمَاءِ
دَفَعْتُ أَلْفَ رُوْبِيَّةٍ
إِلَى الْبَائِعِ
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ
أَلْفِ شَهْرٍ
2000 => ألفان / ألفين
Bilangan 2000 adalah bentuk
tatsniyah dari lafadh ألف
Aturan untuk ‘adadnya adalah:
1.
Berhukum mu’rob sesuai dengan
tarkibnya
2.
Tanda I’robnya adalah
sebagaimana tanda I’rob isim tatsniyah (rofa’ dengan alif, nashob dengan ya’
dan jer dengan ya’)
Aturan ma’dudnya sama
dengan ألف, yakni:
- Berupa mufrod
- Dibaca jer
- Sebagai mudlof ilaih
Rumus:
معدود
|
عدد
|
+
|
+
|
-
|
Contoh:
لِى أَلْفَا كِتَابٍ
اشْتَرَيْتُ أَلْفَيْ كِتَابٍ
مَرَرْتُ بِأَلْفَيْ طَيْرٍ
3000-9000
Jika dirasio, bilangan 3000-9000 merupakan rangkaian ‘adad yang berasal dari ‘adad
mufrod (3-9) yang dimudlofkan (disandarkan) dengan bilangan ribuan. Dengan
demikian posisi bilangan ribuan di sini adalah menjadi ma’dudnya.
Maka dari itu kita kembali pada aturan ‘adad mufrod di atas, yakni :
1.
Juz yang pertama (bilangan 3-9)
harus mu’annats, sebab bilangan ribuan (ألف) yang berkedudukan sebagai ma’dudnya berupa isim
mudzakkar.
2.
Bilangan 3-9 berhukum mu’rob
sebagaimana tarkibnya, dengan menggunakan tanda I’rob sebagaimana tanda I’rob
isim mufrod
3.
Bilangan ribuannya beri’rob jer
karena menjadi mudlof ilaih.
4.
Bilangan ribuannya berupa isim
jama’
معدود (+)
|
عدد (-)
|
آلاَفٍ
|
ثَلاَثَةُ
|
آلاَفٍ
|
أَرْبَعَةُ
|
آلاَفٍ
|
خَمْسَةُ
|
آلاَفٍ
|
سِتَّةُ
|
آلاَفٍ
|
سَبْعَةُ
|
آلاَفٍ
|
ثَمَانِيَةُ
|
آلاَفٍ
|
تِسْعَةُ
|
Adapun aturan untuk ma’dud dari
bilangan 3000-9000 adalah:
a.
Berupa isim mufrod
b.
Dibaca jer
c.
Sebagai mudlof ilaih
Rumus:
معدود
|
عدد
|
|
+
|
+
|
-
|
-
|
Contoh:
سَبْعَةُ آلاَفِ نَجْمٍ عَلَى
السَّمَاءِ
دَفَعْتُ خَمْسَةَ آلاِفِ
رُوْبِيَّةٍ إِلَى الْبَائِعِ
سَلَّمْتُ إِلَى ثَلاَثَةِ
آلاَفِ اُسْتَاذٍ
Sebagaimana bilangan ratusan, bilangan
di atas ribuan itu dapat disandingkan dengan 4 macam ‘adad, deskripsinya:
1.
‘Adad mufrod
1001-1010 itu berarti bilangan 1000 disandingkan dengan ‘adad mufrod
2.
‘Adad murokkab
1011-1019 itu berarti bilangan 1000 disandingkan dengan ‘adad murokkab
3.
‘Adad ‘uqud
1020-1090 itu berarti bilangan 1000 disandingkan dengan ‘adad ma’qud
4.
‘Adad bayan
1021-1029 s/d 1091-1099 itu berarti bilangan 1000 disandingkan dengan
‘adad ma’thuf
5.
‘Adad ratusan
1100-1199 s/d 1900-1999 itu berarti bilangan 1000 disandingkan dengan
‘adad ratusan, atau disandingkan dengan ‘adad ratusan yang telah disandingkan
dengan ‘adad lain pula.
Kalau seperti itu, maka boleh
menggunakan 2 macam urutan:
1.
الرتبة الكبرى => bilangan yang besar didahulukan
2.
الرتبة الصغرى => bilangan yang kecil didahulukan
Dan dalam hal ini, aturan untuk ma’dudnya adalah, ma’dud menyesuaikan
dengan ‘adad yang paling dekat.
Contoh:
“Di masjid terdapat 3005 laki-laki”
الرتبة الكبرى ← فِى الْمَسْجِدِ ثَلاَثَةُ آلاَفٍ وَخَمْسَةُ
رِجَالٍ
الرتبة الصغرى ← فِى الْمَسْجِدِ خَمْسَةٌ وَثَلاَثَةُ آلاَفِ رَجُلٍ
“Di masjid terdapat 3075 laki-laki”
الرتبة الكبرى ← فِى الْمَسْجِدِ ثَلاَثَةُ آلاَفٍ وَخَمْسَةٌ
وَسَبْعُوْنَ رَجُلاً
الرتبة الصغرى ← فِى الْمَسْجِدِ خَمْسَةٌ
وَسَبْعُوْنَ وَ ثَلاَثَةُ آلاَفٍ رَجُلٍ
“Di masjid
terdapat 3875 laki-laki”
الرتبة الكبرى ← فِى الْمَسْجِدِ ثَلاَثَةُ آلاَفٍ
وَثَمَانُمِائَةٍ وَخَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ رَجُلاً
الرتبة الصغرى ← فِى الْمَسْجِدِ خَمْسَةٌ
وَسَبْعُوْنَ وَثَمَانُمِائَةٍ وَ ثَلاَثَةُ آلاَفٍ رَجُلٍ
|
boleh saya copas mbak.. ? untuk saya ajarkan ke temen2
BalasHapusJazakumullah Khairan atas ilmunya...
BalasHapusMantap bagi mu'allim, muta'allim, mustami'un, dan muhibbun
BalasHapusMohon ijin copy
BalasHapusMbak kirimkan isi blog Coretan Aliya Fikri Badrusshofiy: Who Wants to Be Keset e Santri (Menilik Jiwa Khidmah Santri Jaman Sekarang) soalanya dah g bisa dibuka blognya ...makasih
BalasHapusTerimakasih.. sangat membantuuu🤗
BalasHapusFiks makasih bet
BalasHapusSyukron, Jazaakumullahu khairan.
BalasHapusAfwan, kalo boleh tahu sumber kitab apa?
BalasHapusAfwan kalo boleh tau sumber dari kitab apa?
BalasHapusجزاكم الله خيرا
BalasHapusini untuk penjelasan urutan nya mana?
BalasHapusSangat membantu terimakasih
BalasHapusشكرا جزيلا
BalasHapus